Thursday, December 27, 2012

SEMANGAT.

( Menerima penghargaan ‘Peduli Lingkungan” dari Bp Walikota Depok Nov, 2010)


Aku sendiri tidak tahu aku itu seperti apa? Tetapi beberapa orang yang mengenalku sering memberi komentar tentangku bahwa aku seorang yang “Semangat”(Energetic).

Mungkin ada benarnya juga……..

Merujuk ke masa lalu sejak aku masih kecil, energiku yang meluap-luap sering diasosiasikan dengan seabreg kenakalanku.Menerima hukuman dari ayahku karena ulahku, bisa dikatakan sangat….sangat sering ! Namun kalau energiku yang meluap-luap itu juga kugunakan untuk belajar, barangkali “semangat”itu juga identik dengan”ketekunan”.

Aku sudah tidak ingat bagaimana ketika aku dibangku sekolah SD, tetapi ketika aku sudah duduk di SMP aku memang sangat tekun sekali belajar.Hampir setiap hari aku belajar.Dan kalau belajar selalu sampai larut malam. Ketika lampu matipun, tidak pernah manjadi hambatan bagiku, karena lalu aku akan memakai lampu tempel sebagai penerangannya. Belajar bagiku bukan sebagai beban, tetapi manjadi hal yang sangat menyenangkan.Pelajaran seperti matematika dan fisika menjadi favoritku, karena memberikan tantangan tersendiri. Kalau aku menjumpai soal yang aku tidak bisa mengerjakannya, maka bisa berhari- hari soal itu melekat di pikiranku, dan selalu kucoba terus menerus untuk memecahkannya.Mungkin berganti dengan kegiatan yang lain, namun selalu kembali lagi untuk mengutak atik soal yang pelik tadi.Sampai akhirnya entah dihari keberapa, aku bisa mengerjakan soal tersebut. Ternyata jawabanku benar, sesuai dengan kunci jawaban.. Bagiku itu suatu anugerah yang luar biasa, kegembiraan dan kepuasan yang tiada tara.
Sejak di SMP aku selalu masuk 3 besar ditingkat sekolah.
Penghargaan-penghargaan atas prestasi sekolahku, selalu kuanggap hanya sebagai pengakuan atas ketekunanku saja, karena itu bukan tujuanku. 
 Ketika  sekolah disamping piagam penghargaan prestasi sekolah, juga penghargan-penghargaan lain misalnya dibidang kesenian, karena kemampuanku memetik gitar dan menyanyi.


 
 ( Piagam Penghargaan di bidang koperasi dari Bp Walikota Depok Th 2007)
 



Kecenderunganku adalah mengerjakan sesuatu itu dengan total!Ya, totalitas itulah yang mungkin membuatku terlihat “Semangat”dimata orang lain.

Di Tahun 2002, aku  mendapat penghargaan di bidang koperasi dari walikota Depok Bp H Badrul Kamal pada waktu itu, karena kesuksesanku bersama dengan teman-teman merintis berdirinya koperasi (Koperasi Soliamitra).Dimana perintisan itu penuh dengan perjuangan dan pengorbanan karena pada waktu itu citra "koperasi" di lingkunganku sangat jelek, mengingat peristiwa ada koperasi yang bangkrut karena kecurangan pengurusnya.

Di tahun 2007 Bp Walikota Depok, Bp Ir H Nur Mahmudi Ismail juga memberikan penghargaan terkait dengan prestasi KUD Soliamitra.

Dan yang terakhir  adalah piagam penghargaan “Peduli Lingkungan” Th 2010)




Kegiatanku di bidang lingkungan ini sebenarnya adalah semata-mata karena rasa tanggung jawab saja sebagai manusia yang menerima amanah dari Bumi (Tuhan) untuk memelihara dan mencegah bumi dari kerusakan (sesuai dengan kemampuan yang dimiliki).

Tuhan telah menciptakan bumi dan isinya untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan manusia, namun yang terjadi manusia dengan serakahnya mengeksploitasi alam, merusak sumber-sumber daya alam, dan abai terhadap kelestariannya.Bukankah ini berarti manusia menghancurkan dirinya sendiri?Ironisnya bahwa eksploitasi alam hanya memberi keuntungan pada segelintir orang, dan sebagian besar manusia justru menerima dampak kerusakannya, karena sebagian besar mereka ini hidup dalam keterbatasan ekonomi, sehingga mereka sangat rentan terhadap dampak dari perubahan iklim, juga bencana alam.

Setiap kegiatan kita sekecil apapun untuk peduli, dengan menanam pohon, membersihkan lingkungan, mengurangi limbah akan ikut andil dalam memperpanjang umur bumi kita.
Dan juga yang penting kita punya “Semangat“ untuk bekerja atau berjuang, karena hanya dengan”Semangat” itulah kita bisa lebih optimis menatap masa depan.

Untuk anak-anak ku…..Semangat ya nak !!











blog ratna habsari juli 2011





No comments:

Post a Comment