Wednesday, January 26, 2011

"Ulang Tahun" ku

Seberapa banyak/berapa kali kita telah merayakan hari ulang tahun kita??
Tentu saja jawabannya berbeda-beda sesuai dengan umur kita masing-masing.Semakin tua, tentu semakin banyak" ulang tahun" yang telah kita lalui/rayakan (Maksud merayakan disini, tidak mesti dengan berpesta pora, tapi bisa saja hanya semacam event pengingat kecil-kecilan intern keluarga, atau dilalui hanya dengan rasa syukur diri pribadi kepada Tuhan atas anugerah umur yang diberikan( yang ini bahkan sering lebih bermakna dari ulang tahun yang dirayakan dengan hingar bingar)

Dari sekian ulangtahun yang telah dilalui itu pasti ada peristiwa ulang tahun yang paling berkesan.
Nah untukku pribadi ada peristiwa ulang tahun yang paling berkesan yaitu ulang tahun ku baru-baru ini.

Pertama: pada hari ulangtahunku itu kebetulan dan tidak direncanakan kegiatanku membina Pos lansia Dahlia Senja, komunitas kaum lansia(lanjut usia) diliput oleh Trans TV. Sebagai ketuanya aku mendapat porsi yang paling besar dalam liputan tersebut. Seperti bagaimana hobiku membaca, bagaimana kemampuanku memetik gitar dan menyanyi lagu-lagu lingkungan ciptaanku, bagamana aku berkutat didepan komputer menulis di blogku, semua itu ditayangkan dengan durasi yang cukup lama yaitu setengah jam di acara "Makna Kehidupan". Pokoknya aku bergaya bak artis (tua) he he he ....


Yang kedua: Pada hari ulang tahunku itu aku mendapat hadiah dari anak-anak/menantu ku sesuatu yang sangat berharga dan istimewa..... Apakah itu???
Anakku yang pertama memberiku cangkir bertutup stainless steel, yang katanya biar minumanku tetap hangat/panas untuk menemaniku menulis Blog.
Adapun anakku yang kedua memberiku hadiah sebuah pulpen parker, katanya untuk tulis menulis dikegiatanku.
Tentang hadiah pulpen ini, aku terima dengan sedikit sentimentil. Kenapa?

Tadinya aku punya pulpen parker. Pulpen ini milik suamiku almarhum yang sangat disayang dan selalu dipakainya untuk menulis . Sesudah suamiku meninggal, aku memakainya dan sangat menyukainya mengingat itu bekas pulpen suamiku. Namun entah bagaimana pulpen itu hilang. Aku sedih sekali. Aku tidak berselera untuk membeli yang baru. Aku tidak ingin ada pulpen parker baru yang menggantikan pulpen parker suamiku itu. Tapi tiba-tiba aku diberi hadiah pulpen parker dari anakku, lalu aku merasa kalau pulpen ini pantas menggantikan parkerku yang hilang.Pikirku parker ini adalah anaknya parkerku yang lama.
Kalau anakku yang ketiga (tinggal di Itali) bilang padaku (setelah hari ulang tahunku lewat), bahwa tepat di hari ulang tahunku itu dia tilpun kerumah juga ke HP ku tetapi tidak aku angkat.
( He he he belum tahu dia, kalau hari itu aku sibuk" ngartis")

Kembali tentang hadiah-hadiah tadi.
Kenapa hadiah-hadiah itu aku nilai sangat berharga, walau dari sisi rupiah mungkin tidak seberapa ??
Karena hadiah itu aku rasa mencerminkan bagaimana anak-anakku dengan ikhlas mendukung semua kegiatan ibunya, walaupun itu kemudian mengurangi waktu untuk bersama keluarga, momong cucu dan sebagainya.

Ibunya sibuk pontang panting mengurusi para lansia, sibuk kerjabakti di kampung membuat "gang hijau" , pengajian, membuat sanggar tari, sampai tidak punya banyak waktu untuk momong cucu.
Tetapi mereka, anak-anakku itu senang kalau dengan itu ibunya merasa bahagia......

Nak, ibu sangat terharu dan terimakasih banyak atas semua pengertianmu.
Sekarang inilah"Ulang Tahun" ku yang paling istimewa

12 comments:

  1. huuuuuhuuuuu....baca ini jadi terharuuuu....hix hix hix...jadi ngis ngis...

    Love you, Emak....

    ReplyDelete
  2. Saya punya judul sendiri tentang tulisan ini, "cinta yang ada dihatiku satu diantaranya milik pulpen parker.."
    Salam hangat dari jember..

    ReplyDelete
  3. > Masbro: ha ha ha ... Siiip Masbro, bisa dibikin lagu nggak??

    ReplyDelete
  4. Maaf bu Ratna saya telat ucapin met ultah... selamat ulang tahun Bu.. saya jadi malu nih liat bu Ratna yang di usia senja masih saja bisa berkarya, padahal saya yang muda ini masih merasa belum melakukan apa - apa.

    oh ya boleh kan saya anggap Bu Ratna seperti ibu saya sendiri..? Salam hormat bu dari saya dan teman - teman yang ada di Jember

    ReplyDelete
  5. oh ya Bu.. bisa enggak lagu tentang batik itu dishare.. saya dan Masbro pingiiin banget dengarinnya

    ReplyDelete
  6. Wah Mas Lozz,lha saya malah sudah nganggap Mas Lozz seperti anak juga. Pengalaman saya bertahun-tahun kan "Gaul" sama anak2 muda.Dari dulu ketika mereka masih pada bujangan sampai sekarang sudah berkeluarga, beranak pinak.... He he he ...mereka menganggap saya ibunya juga ha ha ha. Cuma sekarang saya "Gaul" nya ganti dengan Lansia-lansia... Alamaaak...

    ReplyDelete
  7. Selamat Ulang Tahun Bu Ratna :)

    Say atelat yah? Datang juga telat :(

    ReplyDelete
  8. Bu Ratna.. saya punya kado nih buat anda di rumah.. mohon diterima ya

    ReplyDelete
  9. Mas Lozz terimakasih kado nya. Cuma ga nyangka aja kadonya begitu berharga ya, sebuah "Award" bergilir...Nanti saya pasangnya mas, dan sesuai peraturan akan saya teruskan kepada bloger2 yang jauh lebih hebat dari saya. ( saya sih sebenarnya belum pantas menerima award itu mas.)
    Sekali lagi terimakasih mas.

    ReplyDelete
  10. Mbak Hani yg imut-imut.... terimakasih ya mbak. Salam kenal.

    ReplyDelete
  11. Aku setelah membaca ini langsung terinag dengan diriku sendri bu. Aku juga senang dengan aktifitas ngeblog dan semua anak-anak ku pada tahu, tapi mereka tahunya bapak nya internetan terus. Padahal dengan begini aku juga memikirkan masa tua ku nanti (yang pasti akan di tinggal anak-anaknya dan tinggal berdua dengan istri).

    Biar gak lupa, aku turut mengucapkan selamat berultah semoga dengan bertambahnya umur ini semakin menambah kedekatan kita pada sang khalik. Dan juga salut dengan semua aktifitas yang super dumper sibuk ini bu.

    Kalau aku baru 40 tahun bu :D

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  12. Terimakasih pak Harjono, semoga pak Harjono selalu sehat, gembira dan berbahagia untuk terus meniti kehidupan yang diberkahi Alloh SWT dengan isteri tercinta Amiiin.

    ReplyDelete